Puncak kejayaan bus AKAP ( Antar Kota Antar Propinsi ) terjadi sekitar tahun 1990 an dimana bus merupakan transportasi utama mengantarkan warga dari satu daerah ke daerah lainnya. Kala itu bus merupakan pilihan utama masyarakat Indonesia selain kereta api, karena tiketnya jauh lebih murah ketimbang pesawat terbang.
Namun setelah tahun 2001, sejak hadirnya LCC ( Low Cost Carrier ) penerbangan bertarif rendah, bus mulai tersingkirkan karena penumpang mulai beralih naik pesawat, selain ada pilihan lain mobil travel.
Saat ini banyak bus malam menawarkan Fasilitas serba wah karena PO ( Perusahaan Otobus ) mulai memperhatikan kenyamanan dan fasilitas armada busnya seperti double decker / bus tingkat, kursi yang lebih lega dengan leg rest / reclining seat plus hiburan entertainment dengan LCD TV dengan headset di masing2 kursi.
Ditambah infrastruktur jalan tol saat ini sudah menjangkau daerah2 di pulau Jawa dan segera Sumatera maka waktu tempuh dapat dipangkas secara significan
BUS PARIWISATA
Modifikasi / rebody / facelift pada bus pariwisata untuk meremajakan body bus nya agar tampil lebih modern dengan model terbaru dapat dengan 2 cara : pertama menggunakan sasis aslinya dan mengganti body bus baru seluruhnya, dan kedua dengan modifikasi bagian wajah dan belakang bus saja dengan mengganti lampu dan bumper .
Cara kedua ini yang banyak dilakukan Perusahaan Otobus di Indonesia karena biayanya yang lebih terjangkau. Dengan tampilan bis double dekker atau dengan topi pemisah kaca depan menjadi seperti Jetbus 3+ / bis standard Jetbus 2+ atau model Legacy SR 2 HD / XHD prime terbaru dan tampilan interior bus yang mewah layaknya seperti dalam pesawat akan lebih menarik penumpang.
Bis pariwisata banyak digunakan untuk antar jemput karyawan selain untuk wisata dalam kota / luar kota (charter ) baik oleh perorangan, perusahaan, sekolah, agen2 tur dan travel dan lembaga2 sosial dan keagamaan
MODIFIKASI BUS / REBODY BUS / FACELIFT BUS
Menjadi suatu kebanggaan bagi Perusahaan Otobus apabila dapat memiliki armada bus dengan model terbaru nya yang dapat mengangkat citra & nama perusahaan yang tentunya akan lebih meningkatkan reputasi dan lebih memikat calon pengguna / konsumen nya. Namun apabila pengusaha otobus belum memiliki anggaran yang cukup untuk membeli bus dengan model terbaru, masih ada kesempatan untuk memperbarui tampilan luar & interior bus nya dengan modifikasi atau rebody / permak sebagian body bus
PROSES MODIFIKASI TAMPAK DEPAN & BELAKANG + PINTU
Tampilan lama sebelum dilakukan proses modifikasi |
Proses modifikasi dan tampilan baru |
PROSES MODIFIKASI INTERIOR BUS
Menyulap atau upgrade interior bus menjadi mewah & elegan layaknya seperti dalam pesawat atau kapal pesiar dapat dilakukan tergantung budget dari pengusaha otobus, namun sebagai salah satu daya tarik memikat pelanggannya selain tampilan eksterior biasanya dilakukan pengusaha otobus dengan kursi yang nyaman diduduki selama berjam jam dengan reclining seat, audio visual, wifi, sound system dengan lighting, toilet, smoking room dsb
BAHAN SPON EVA UNTUK PEREDAM LANTAI, DINDING & ATAP BUS
Bahan spon eva sebagai salah satu bahan digunakan untuk peredam interior bus menggunakan Spon Eva Hitam Tebal 3- 4 mm , Tebal 5- 6 mm & Tebal 8 -10 mm
INTERIOR BUS YANG NYAMAN & MEWAH
5 BUS TERMAHAL & TERMEWAH DI DUNIA ( sumber Taufik RS )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar